judul gambar

Apa Itu Instrumentasi? Ini Macam – Macam Instrumentasi di Industri

Instrumentasi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari pengukuran serta proses kendali. Dalam industri, bisa dibilang instrumentasi ini adalah alat peranti yang umum digunakan untuk pengukuran dan pengendalian pada suatu sistem. Lebih lanjut tentang pengertian dan macam macam instrumentasi di industri bisa anda simak pada ulasan berikut.

 

Pengertian Instrumentasi

Macam Macam Instrumentasi

Seperti yang sudah disinggung di awal, instrumentasi merupakan ilmu pengukuran dan proses kendali. Dimana instrumen industri sendiri diartikan sebagai suatu penggunaan peralatan untuk mengontrol sifat sifat kimia dan fisika dari suatu material. Tujuannya adalah untuk memperoleh nilai tambah dari suatu material tersebut.

Fungsi utama dari instrumentasi sendiri ada beberapa, yaitu sebagai alat analisis, alat pengukuran, alat perekam, dan alat kendali atas suatu peralatan.

Contoh nyata penerapan instrumentasi dapat dilihat pada pengolahan minyak mentah atau oil refinery. Dimana dalam minyak mentah terdapat unsur unsur yang mempunyai titik didih berbeda antara satu sama lain.

Sehingga unsur unsur tersebut nantinya akan menguap ketika minyak mentah dipanaskan sampai temperatur tertentu. Selanjutnya unsur yang menguap akan ditangkap dan didinginkan kembali agar dapat diekstrak dari minyak mentah. Dari proses inilah kemudian diperoleh minyak tanah, solar, bensin, dan lain lain.

Pada macam macam instrumentasi di Industri, proses tersebut memperlihatkan perannya dalam mengontrol sifat sifat fisika dan sifat sifat kimia.

Lebih tepatnya sifat sifat seperti tekanan, temperatur, dan lain lain dari minyak tanah. Selain pada pengolahan minyak mentah, instrumentasi juga umum digunakan di bidang industri kelistrikan dan lain sebagainya.

 

Macam Macam Instrumentasi pada Industri

macam macam Instrumentasi

Level Switch

Dalam industri, level switch dapat digunakan untuk mengontrol sistem pengisian sebuah tangki. Yang mana sistem pengisian akan berjalan ketika level switch mendeteksi bahwa tangki dalam keadaan kosong.

Kemudian sinyal output dari level switch nantinya secara otomatis akan menonaktifkan sistem pengisian apabila tangki sudah terbaca dalam kondisi penuh.

Fungsi level switch sendiri tidak hanya sekadar itu, namun dapat disesuaikan kembali dengan kebutuhan masing masing user.

Karena piranti tersebut mempunyai beberapa jenis yang dibedakan atas prinsip kerjanya. Ada yang probenya bergetar saat diberikan power supply, ada yang probenya berputar dan digerakkan oleh motor listrik, lalu ada yang probenya mendeteksi nilai admitansi di sekitarnya.

 

Load Cell

Macam macam instrumentasi di industri berikutnya yaitu load cell, yang digunakan untuk mengontrol atau mendeteksi berat suatu benda.

Alat ini dapat digunakan untuk mengubah beban mekanis menjadi sinyal listrik, yang dirasakan oleh komponen pegas. Dan nilai sinyal listrik tersebut nantinya akan linear terhadap berat benda.

Itu karena tegangan pegas yang dirasakan oleh load cell juga linear sebanding berat benda yang dibebankan. Dalam proses tersebut, load cell mempunyai suatu unit controller yang akan berperan sebagai pengubah sinyal output menjadi angka (dalam satuan massa). Contoh penggunaan load cell dalam kehidupan sehari hari dapat dilihat dalam timbangan digital.

judul gambar

Namun load cell yang digunakan dalam timbangan digital mempunyai kapasitas yang kecil. Sedangkan untuk praktik industri, tentunya load cell yang digunakan memiliki kapasitas yang jauh lebih besar.

Misalnya untuk melihat massa produk dalam tangki atau suatu wadah, jika terdapat 3 buah kaki untuk tangki berdiri maka dibutuhkan 3 unit load cell.

Limit Switch

Jual Limit Switch

 

Instrumentasi ini umumnya digunakan untuk mengetahui posisi suatu benda, apakah itu berada di atas, di bawah, di samping, atau lainnya. Limit switch ini menggunakan kontak fisik untuk menghubungkan atau memutus rangkaian listrik.

Dengan fungsi tersebut, piranti banyak digunakan pada sistem radar pelampung toren air bersih yang terdapat di pabrik maupun rumah tangga.

Dimana switch akan menyambungkan suplai listrik ke pompa saat pelampung turun pada posisi tertentu, sehingga toren akan diisi air.

Kemudian switch akan terputus dan membuat pompa berhenti menyuplai air ke dalam toren, ketika pelampung sudah terdeteksi naik pada ketinggian tertentu.

Selain digunakan pada sistem radar pelampung toren air, macam macam instrumentasi di industri ini juga sering digunakan pada aplikasi mesin.

Yaitu untuk membatasi pergeseran posisi suatu komponen di dalam mesin. Misalnya pada mesin yang perlu berputar sampai 180 derajat dalam satu siklus, kemudian berubah arah pada siklus selanjutnya.

Pressure Switch

Pengertian Instrumentasi

Dalam pressure switch, terdapat set point batas bawah tekanan dan set point batas atas tekanan. Sehingga instrumentasi ini biasa digunakan untuk mengontrol tekanan suatu zat fluida. Selain memiliki set point limit, pressure switch juga memiliki kontak relay NC (normally closed) dan NO (normally open).

Apabila operator menggunakan relay NO, maka kontak akan berubah menjadi close yang awalnya open, saat pressure switch mendeteksi tekanan batas atas.

Kontak tersebut akan tetap berada dalam posisi menutup sebelum tekanan turun mencapai set point limit bawah. Jika sudah mendeteksi limit bawah, baru switch akan open kembali. Pengaturan ini akan berlaku sebaliknya apabila user menggunakan NC.

 

Temperature Sensor

Thermostat, temperature gauge, thermocouple, temperature transmitter, dan RTD merupakan beberapa jenis temperature sensor. Yang mana fungsi dari alat tersebut yaitu untuk mendeteksi besaran temperature atau suhu, meski prinsip kerjanya berbeda satu sama lain pada setiap jenis.

Meskipun begitu, setiap jenis temperature sensor mengubah kondisi panas yang dirasakan oleh probe. Kemudian piranti tersebut akan mengubahnya menjadi sinyal listrik seperti pada level switch.

Untuk unit temperature controller, sinyal output tersebut umumnya akan dijadikan input. Kemudian sinyal input ini diubah menjadi suatu angka dalam satuan derajat suhu.

 

Proximity Switch

Proximity switch merupakan macam macam instrumentasi di industri yang banyak digunakan dalam berbagai mesin produksi. Fungsinya yaitu untuk mendeteksi keberadaan suatu benda pada jarak tertentu. Prinsip kerjanya sendiri bisa dilihat dengan mudah pada kehidupan sehari hari, yaitu pada mesin hand dryer.

Ketika seseorang meletakkan tangannya di dekat sensor mesin hand dryer, maka sensor akan mengirim sinyal yang nantinya akan membuat blower dan heater menyala untuk mengeringkan tangan yang basah.

Prinsip kerja dari proximity switch ini memang kurang lebih mirip dengan level switch, yaitu sinyal output untuk mengontrol sesuatu akan dikirim ketika sensor mendeteksi keberadaan benda.

 

Flow Switch

Instrument satu ini banyak digunakan pada mesin pendingin air. Yang mana fungsi dari flow switch yaitu untuk mendeteksi kondisi ada atau tidaknya aliran fluida dalam suatu sistem proses.

Dan sistem refrigerant pada mesin pendingin air sendiri hanya akan bekerja apabila ada aliran air di dalamnya.

Adanya flow switch yang dapat mendeteksi kondisi ada atau tidaknya aliran fluida pada mesin pendingin air, akan mencegah terjadinya pembekuan pada chamber heat exchanger.

Dengan fungsi tersebut, macam macam instrumentasi di industri yang memiliki proses kerja cukup sederhana ini juga banyak digunakan pada mesin lain dengan kebutuhan syarat aktivasi keberadaan aliran fluida.

 

Info Lainnya : Macam-Macam Proses Pembentukan Logam (Casting, Forging)

 

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai macam macam instrumentasi yang ada pada industri. Bahkan instrument instrument di atas juga banyak diaplikasikan pada berbagai peralatan dalam kehidupan sehari hari, dengan kapasitas yang lebih kecil tentunya. Karena proses industri sendiri begitu luas, masih ada banyak jenis instrumentasi lainnya selain daftar yang telah disebutkan di atas.

 

PT Lamindo Prima Mandiri Merupakan supplier jual instrumentasi yang ada di indonesia, anda bisa kontak kami jika ada permintaan mengenai instrumentasi ini, kami menyediakan hampir semua jenis instrumentasi dan spesifikasi yang anda butuhkan. Kami juga merupakan distributor berbagai jenis brand seperti SCHUH, WIKA, Endress Hauser, Yokogawa, Azbil, Rosemount, kami bisa supply seperti brand china, eropa, maupun amerika.

judul gambar